-->

Obat Sariawan Alami Untuk Anak dan Dewasa

obat sariawan alami

Obat Sariawan Alami untuk Anak dan Dewasa, Banyak Obat yang beredar dipasaran untuk bisa mengobati sariawan. Namun kita tak tahu bagaimana obat sariawan itu bekerja dengan bahan-bahan kimia atau dengan bahan alami. nah mari kita bahas

Apa Itu Sariawan

Sariawan adalah luka kecil, dangkal, dan terasa nyeri yang muncuk pada jaringan lunak dalam mulut, pada dasar gusi, bawah lidah, atau sepanjang sisi rongga mulut. Namun sariawan tidak menular.

Penyebab sariawan yang paling umum adalah daya tahan tubuh melemah, kekurangan vitamin seperti vitamin B12 dan/atau asam folat, serta infeksi bakteri atau virus tertentu. Kadangkala, perubahan yang terjadi pada hormon tubuh seperti saat menstruasi atau hamil juga bisa menyebabkan sariawan muncul. Obat sariawan alami solusi paling aman untuk bisa kita pakai atau gunakan dalam mengobati sariawan.

Obat Sariawan Alami

Obat sariawan Alami sangat mudah ditemukan dan digunakan kita akan bahas secara lengkap apa aja obat sariawan alami yang mudah didapatkan.

1. Madu

Madu adalah salah satu pilihan obat sariawan alami yang lumayan cukup ampuh. Caranya cukup dengan cara mengoleskan madu untuk obat di atas sakit sariawan.

Dilansir dari Prevention, madu memiliki sifat antiradang dan juga antibakteri yang bisa membantu mengurangi rasa perih dari sariawan  sekaligus mempercepat proses pemulihan sariawan. Kesimpulan tersebut yang didapat dari penelitian asal Saudi Arabia terhadap 94 partisipan yang rutin mengoleskan madu pada sariawan di mulut mereka selama empat hari dengan berturut-turut.

2. Air Garam

Obat sariawan alami dengan Berkumur air garam selama kurang lebih 1-2 menit menit dapat meredakan sariawan tanpa obat. Garam memiliki sifat antiradang dan antibakteri untuk mencegah sariawan Anda berkembang makin parah. Garam juga membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan. Selain dapat sebagai obat sariawan alami, garam juga bermanfaat untuk mencegah infeksi dari mulut.
Cara membuat air larutan garam, cukup tambahkan satu setengah sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat. Aduk rata dan kumur-kumur air di dalam mulut. Air Jangan ditelan. Segera buang setelah selesai dan bilas dengan minum air putih. Ulangi dengan berkumur air garam secara rutin beberapa kali dalam sehari sampai sariawan terlihat mengempis. 

3. Kelapa

Kelapa diyakini mampu menjadi obat sariawan di lidah atau di bibir. Kelapa bekerja dengan mencegah peradangan luka semakin memburuk sekaligus mengurangi rasa sakit yang timbul akibat sariawan tersebut. Kelapa juga banyak diyakini dapat membantu dalam menyejukkan suhu tubuh, yang pada beberapa kasus menjadi penyebab timbulnya sakit sariawan.

Cara menggunakan kelapa sebagai obat sariawan alami sebenarnya cukup mudah. Campurkan madu dengan susu kelapa atau minyak kelapa, lalu oleskan ramuan tersebut di luka sariawan Anda. Ulangi sebanyak 3-4 kali dalam sehari, sampai sariawan mulai tampak mengempis.

4. Kantong Teh Bekas

Mengompreskan kantong teh bekas juga bisa Anda jadikan obat sariawan di lidah dan bibir. Kantong teh bersifat basa dapat menetralisir lingkungan mulut yang asam agar tidak memperburuk rasa sakit akibat sariawan tersebut.

Daun teh mampu melawan infeksi dan peradangan yang menyebabkan sariawan. Terlebih, sisa teh yang diseduh dapat membantu meningkatkan kesehatan gusi dan mengurangi risiko penyakit gusi, menurut American Academy of Periodontology. Caranya cukup dengan mudah menempelkan kantong teh celup dengan bekas pakai selama kira-kira lima menit pada sariawan Anda.

5. Lidah Buaya

Apabila satu saja sariawan di lidah bisa membuat seluruh mulut Anda terasa tak nyaman dan panas. Untuk itu, siapkan daun lidah buaya asli dan cuci sampai bersih sebagai obat sariawan di lidah. Kemudian, oleskan getah atau daging lidah buaya secukupnya langsung pada sariawan Anda. 

Biarkan selama beberapa jam lalu ulangi dua sampai tiga kali dalam sehari. Lidah buaya ampuh untuk menghilangkan sariawan di lidah karena fungsinya sebagai antiperadangan dan pereda nyeri yang alami.

6. Es Batu

Dalam step by step sakit sariawan di lidah bisa membengkak dan terasa menyakitkan. Agar sariawan bisa cepat kempis dan sembuh, Anda bisa mengompres lidah dengan es batu yang dibungkus kain lembut. 

Rasa dari sejuk es batu bisa menjadi obat sariawan alami yang meringankan rasa nyeri sariawan. Jika merasa sulit, caranya yaitu kulum es batu pada bagian lidah atau bibir yang sariawan sampai mencair sepenuhnya di mulut. 

Bagaimana? jangan lupa untuk melihat artikel lainnya yang tentunya menarik untuk dibaca dan juga sangat bermanfaat bisa menyangkut hobi dan juga kegunaan Terimakasih.

0 Response to "Obat Sariawan Alami Untuk Anak dan Dewasa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel